OSIM MA Mu’allimat NW Anjani Gelar Class Meeting

OSIM MA Mu’allimat NW Anjani Gelar Class Meeting

Lombok Timur suararinjani.com – Pengurus Organisasi Santri Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Aliyah (MA) Mu’allimat NW Anjani, menggelar kegiatan Class Meeting selama 6 hari dari tanggal 10-15 Desember 2022. Pembukaan Class Meetin berlangsung di aula madrasah setempat pada Sabtu (10/12).
Dalam sambutannya, Kepala MA Mu’allimat NW Anjani, M Zuhri, yang diwakili Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Hasanah Efendi, menyampaikan bahwa kegiatan class meeting harus dimanfaatkan oleh semua santri MA Mu’allimat NW Anjani, sebagai wahana menempa mental, adu skill dan pengetahuan, sebagai tolok ukur dari apa yang diterima selama belajar.
“Ini kesempatan yang luar biasa untuk anak-anakku menguji mental dan kemampuan. Bersainglah, berkompetisilah dengan mengedepankan sportivitas dan tetap menjaga silaturahim. Menang dengan terhormat, kalah juga dengan dengan kepala tegak,”imbuhnya.
Ia memberikan apresiasi juga kepada pengurus OSIM yang telah mampu melaksanakan acara ini, tentaunya selama berjalannya class meeting ini semua santri harus tetap mengikuti sambil menunggu pembagian rapot.
“Saya mengingatkan kepada santri MA Mu’allimat NW Anjani, tetap mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Berikan dukungan kepada teman-temannya yang mengikuti perlombaan dan pertandingan. Selamat berlomba dan bertanding,”pungkasnya.
Sebelumnya, Ketua panitia, melaporkan kegiatan class meeting berlangsu selama 6 hari dengan mengadakan perlombaan dan pertandingan, seperti Tahfiz al Quran, Tilawatil Quran dan lain-lain.
Setelah dibuka, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, M Ramli menyerahkan Piala Bergilir Kepala Madrasah, kepada Ketua OSIM MA Muallimat NW Anjani, dan acara pembukaan ditutup dengan pengguntingan pita oleh Waka Bidang Kesiswaan, Zurhaeni. (hin)

Pelantikan dan Serah Terima Pengurus OSIM MA Mu’allimat NW Anjani Tapel 2022-2023

Pelantikan dan Serah Terima Pengurus OSIM MA Mu’allimat NW Anjani Tapel 2022-2023


Kepala MA Mu’allimat NW Anjani, M Zuhri, M.Pd., melantik Yulita Juniarti Safitri – Pina Sa’adatunnisa sebagai Ketua dan Wakil Ketua serta pengurus OSIM MA Muallimat NW Anjani Tapel 2022-2023, di aula madrasah setempat, pada Kamis (04/08/2022).
Dalam amanatnya, kepala madrasah menyampaikan supaya pengurus OSIM baru bisa segera menyusun program kerja melalui rapat pengurus, sehingga apa yang direncanakan setahun ke depan bisa berjalan dengan baik.
“Jaga kekompakan. Disinilah kalian belajar bermasyarakat, karena setelah tamat, kalian akan terjun kepada masyarakat. Jangan terlalu banyak buat program tapi tidak jalan,”pesanya.
Pelantikan dan serah terima jabatan OSIM tersebut dihadiri seluruh pimpinan, guru, karyawan dan santri MA Muallimat NW Anjani. (*)

DEBAT KANDIDAT CALON OSIM MA MU’ALLIMAT NW ANJANI TAPEL 2022-2023

DEBAT KANDIDAT CALON OSIM MA MU’ALLIMAT NW ANJANI TAPEL 2022-2023


Madrasah Aliyah (MA) Mu’allimat NW Anjani melalui Organisasi Santri Intra Madrasah (OSIM) memberikan pengajaran tentang arti demokrasi sejak dini. Hal ini terlihat dengan diadakannya Debat kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIM MA Muallimat Tahun Pelajaran 2022-2023, di Aula madrasah setempat Kamis (28/07/2022).
Menurut Ketua OSIM MA Mu’allimat NW Anjani, Dini Islamiyati, calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM tahun ini diikuti 4 pasangan calon yaitu; 1. Alfina Aulia & Wilda Agisna. 2. Sisi Sarti Insiwi Marsya & Elicia Maulida. 3. Yulita Juniarti Safitri & Pina Sa’adatunnisa. 4. Baiq Mila Khairunnisa & Winda Nazulfa.
“Dalam debat inikita menggunakan 3 sesi, yaitu sesi pertama menyampaikan visi misi, Pertanyaan dari panilis, dan tanya jawab antar kandidat. Kami berpesan kepada para kandidat tetap menjaga silaturahim, menang kalah hal biasa dalam sebuah kompetisi,” ujar Dini.
Adapun panelis terdiri dari unsur wakil kepaka madrasah dan guru.(*)

Santri MA Mu’allimat Juarai Lomba Kaligrafi Antar Ponpes Se Lombok Timur

Santri MA Mu’allimat Juarai Lomba Kaligrafi Antar Ponpes Se Lombok Timur


Santri Madrasah Aliyah (MA) Mu’allimat NW Anjani atas nama Faola Ramdhani, meraih juara I terbaik lomba Kaligrafi Arab, pada Pekan Olahraga & Seni Antar Pesantren (POSPENAS) se Kabupaten Lombok Timur yang digelar di akhir September 2022 kemaren.
“Alhamdulillah santri kita bisa menjafdi jauara 1 di cabang Kaligrafi. Juara 3 Pidato Bahasa Arab. Juara Harapan 1 Tolak Peluru dan juara harapan 3 Tolak Peluru,” kata Kepala MA Muallimat NW Anjani, M Zuhri, M.Pd., kepad tim media, di ruang kerjanya, Kamis (29/09/2022).
Lanjutnya, semoga keberhasilan dan prestasi yang diraih ini menjadi motivasi kepada santri yang lain agar tidak mau ketinggalan dalam meraih prestasi.
“Insya Allah kita akan terus melakukan pembinaa kepada santri MA Muallimat NW Anjani baik yang berasrama maun non asrama,”pungkasnya. (*)

MA Mu’allimat NW Anjani Gelar Tes Masuk Calon Santri Baru

MA Mu’allimat NW Anjani Gelar Tes Masuk Calon Santri Baru


Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah (MA) Mualllimat NW Anjani menggelar tes masuk bagi calon santri baru MA Muallimat NW Anjani, di Aula madrasah setempat, Ahad (26/06).
Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru, Zurhaini, S.Pd., mengungkapkan kegiatan tes masuk ini bertujuan selain memastikan peserta didik baru yang masuk di MA Muallimat NW Anjani ini, juga sebagai upaya mengetahui kemampuan dari calon santri dalam bidang akademik, baik bidang agama maupun umumnya, juga pengambilan jurusan yang ada.
“Jumlah calon santri baru yang terdaftar pada gelombang pertama yang mengikuti tes masuk ini sebanyak 136 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini,”ungkapnya.
“Ada dua tahapan tesnya, yaitu tes tulis dan tes lisan. Tes tulis berkaitan dengan kemampuan akademik calon santri yang terdiri dari beberapa mata pelajaran pokok, dan tes lisan berkaitan dengan kesiapan calon santri, tes baca Alquran dan hafalannya,”sambungnya.
Menuruntnya, di MA Muallimat ini ada 4 jurusan yang disiapkan diantaranya, jurusan Agama, IPA, IPS dan Bahasa, dan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang ditangani oleh OSIM MA Muallimat NW Anjani.
Sementara itu, Kepala MA Muallimat NW Anjani, M Zuhri, M.Pd., pada saat penutupan dan pengumuman hasil tes, menjelaskan bahawa MA Muallimat NW Anjani salah satu lemabga yang dikelola Yayasan Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani sebagai induk madrasah NW khususnya kaum hawa (wanita). Karena itu akan menjadi sebuah keberuntungan bagi kita yang bisa menimba ilmu di pusat pendidikan Nahdlatul Wathan.
“Kami di MA Muallimat ini, mulai berasrama 3 tahun terakhir ini bagi santri, tujuannya adalah untuk lebih fokusnya santri dalam menerima ilmu dan pembinaan, sebab akan didampingi 24 jam oleh pengasuh dengan berbagai program asrama yang kita rancang untuk santri yang berasrama,”jelasnya. (sr)

Sebanyak 1.199 Santri Baru Mondok di Ponpes Syaikh Zainuddin NW Anjani

Sebanyak 1.199 Santri Baru Mondok di Ponpes Syaikh Zainuddin NW Anjani


Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani menggelar acara serah terima 1.199 santri baru tahun pelajaran 2022-2023 di halaman Majlis Dakwah Hamzanwadi II, pada Sabtu (16/07). Santri baru tersebut diserahkan oleh perwakilan wali santri dan langsung diterima Ketua Yayasan, Ummuna Hj St Raihanun Zainuddin Abdul Madjid, dan Sekretaris Yayasan, TGKH LG Muhammad Zainuddin Atsani yang disaksikan seluruh kepala madrasa/sekolah dan dewan asatis/guru.
Ribuan santri baru tersebut tersebar di 11 lembaga pendidikan dari TK-MA. Adapun rincian santri baru itu antara lain, TK Syaikh Zainuddin NW berjumlah 37 orang, MI Syaikh Zainuddin NW sebanyak 30, MTs. Muallimin NW sebanyak 195 orang, MTs. Muallimat NW sebanyak 156 orang SMP NW sebanyak 42 orang, MA Muallimin NW sebanyak 181 orang, MA Muallimat NW sebanyak 152 orang, MAPK Syaikh Zainuddin NW sebanyak 195 orang, MAK Hamzanwadi II sebanyak 86 orang, SMA NW sebanyak 48 orang dan SMK NW sebanyak 77 orang.
Dalam sambutannya, Sekretaris Yayasan Pontren Syaikh Zainuddin NW, TGKH LG Muhammad Zainuddin Atsani, mengungkapkan bahwa acara serah terima ini adalah peninggalan ajaran almagfurulah Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, pada masa hayatnya. Dimana, beliau setiap tahun ajaran baru pendidikan selalu mengadakan kegiatan serah terima santri baru yang dikenal dengan ‘Nyerah Mayung Sebungkul’ (menyerahkan anak seutuhnya oleh orang tua kepada sang guru dengan ikhlas untuk digembleng menjadi anak yang sukses).
“Tradisi inilah yang kita lanjutkan untuk mengambil berkah dari beliau dan Ummuna Hj St Raihanun Zainuddin Abdul Madjid, sebagai pendiri Ponpes Syaikh Zainuddin Anjani ini. Jadi untuk memulai belajar orang tua harus menyerahkan anaknya secara ikhlas untuk diajar, dididik, dibina menjadi pejuang agama dan NW,”ungkapnya.
Ia juga mengingatkan kepada para santri baru untuk mulai memperbaiki niatnya menuntut ilmu semata karena Allah SWT., bukan karena yang lain, karena dengan kemurnian niat itulah kita mendapatkan kebarokah ilmu itu sendiri.
“Mari anak-anakku memulai dari hati yang ikhlas dalam melakukan berbagai kegiatan, apalagi menuntut ilmu harus dengan hati ikhlas dan harus istiqomah, insyaAllah akan mencapai kesuksesan yang hakiki,” pungkasnya.
Pada acara ini juga dilakukan pelantikan kepala, wakil kepala dan karyawan lembaga pendidikan se Ponpes Syaikh Zainuddin NW Anjani dan pembukaan Masa Ta’aruf Santri Madrasah (Matsama) bagi santri baru. (*)