Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah (MA) Mualllimat NW Anjani menggelar tes masuk bagi calon santri baru MA Muallimat NW Anjani, di Aula madrasah setempat, Ahad (26/06).
Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru, Zurhaini, S.Pd., mengungkapkan kegiatan tes masuk ini bertujuan selain memastikan peserta didik baru yang masuk di MA Muallimat NW Anjani ini, juga sebagai upaya mengetahui kemampuan dari calon santri dalam bidang akademik, baik bidang agama maupun umumnya, juga pengambilan jurusan yang ada.
“Jumlah calon santri baru yang terdaftar pada gelombang pertama yang mengikuti tes masuk ini sebanyak 136 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini,”ungkapnya.
“Ada dua tahapan tesnya, yaitu tes tulis dan tes lisan. Tes tulis berkaitan dengan kemampuan akademik calon santri yang terdiri dari beberapa mata pelajaran pokok, dan tes lisan berkaitan dengan kesiapan calon santri, tes baca Alquran dan hafalannya,”sambungnya.
Menuruntnya, di MA Muallimat ini ada 4 jurusan yang disiapkan diantaranya, jurusan Agama, IPA, IPS dan Bahasa, dan sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang ditangani oleh OSIM MA Muallimat NW Anjani.
Sementara itu, Kepala MA Muallimat NW Anjani, M Zuhri, M.Pd., pada saat penutupan dan pengumuman hasil tes, menjelaskan bahawa MA Muallimat NW Anjani salah satu lemabga yang dikelola Yayasan Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani sebagai induk madrasah NW khususnya kaum hawa (wanita). Karena itu akan menjadi sebuah keberuntungan bagi kita yang bisa menimba ilmu di pusat pendidikan Nahdlatul Wathan.
“Kami di MA Muallimat ini, mulai berasrama 3 tahun terakhir ini bagi santri, tujuannya adalah untuk lebih fokusnya santri dalam menerima ilmu dan pembinaan, sebab akan didampingi 24 jam oleh pengasuh dengan berbagai program asrama yang kita rancang untuk santri yang berasrama,”jelasnya. (sr)